Jika Anda mencari bisnis yang menjanjikan meski hanya dengan modal kecil, maka bisnis pulsa dan paket data bisa menjadi pilihan. Karena di era digital seperti sekarang, terlebih di masa pandemi, peran pulsa dan paket data ini sangatlah besar. Lantas bagaimana tips memulai bisnis pulsa yang efektif hingga dapat mendatangkan cuan ? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Bisnis Moncer dengan Modal Kecil, Berikut Tips Memulai Bisnis Pulsa dan Paket Data

Tips Bisnis Pulsa yang Efektif

Memilih Distributor yang Cepat dan Murah

Para konsumen biasanya mengutamakan harga dan kecepatan pulsa bisa masuk, ketika memilih tempat untuk membelinya. Oleh karena itu, langka pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis pulsa dan paket data yaitu memilih distributor yang memberikan pelayanan cepat dan menawarkan harga murah.

Dengan begitu, maka Anda dapat memberikan pelayanan yang cepat pulsa terhadap konsumen. Selain itu, Anda pun bisa mengambil keuntungan yang lebih besar apabila dari pihak distributor sendiri sudah memasang tarif murah. Bahkan tidak jarang ada distributor yang memberi diskon untuk agennya.

Pemilihan Lokasi

Tips memulai bisnis pulsa berikutnya yaitu memperhatikan pemilihan lokasi. Karena pemilihan lokasi ini bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan dari usaha yang hendak Anda jalankan. Tentunya lokasi yang strategis untuk membuka konter pulsa akan didatangi lebih banyak orang, sehingga Anda pun bisa memperoleh lebih banyak keuntungan.

Lokasi yang paling strategis misalnya dekat dengan perkantoran, stasiun, terminal, maupun tempat umum lainnya. Akan lebih baik jika konter pulsa Anda adalah yang pertama di daerah tersebut, guna mengurangi persaingan bisnis. Pasalnya akan sulit untuk menjaring pasar jika Anda berdekatan dengan bisnis sama yang sudah lebih senior.

Kendati demikian, mencari lokasi strategis dengan hanya Anda satu satunya yang membuka bisnis pada bidang ini tentu tidak mudah. Maka dari itu, Anda juga dapat memulainya dari tempat tinggal sendiri. Misalnya membuka lapak di depan rumah dengan menyiapkan spanduk nama dan juga etalase kecil. Ini akan menguntungkan bila di sekitar rumah Anda belum ada pesaing.

Menjual Pulsa Online

Mengingat bahwa era digital sudah serba online, dan pandemi covid-19 membuat masyarakat tidak bisa bebas keluar rumah jika tidak dalam keadaan urgent. Maka tips memulai bisnis pulsa yaitu bisa dilakukan secara daring. Karena perkembangan internet memang sangat pesat beberapa tahun belakangan, memulai usaha ini tidaklah sulit.

Bahkan menariknya lagi, Anda bisa memperluas pangsa pasar. Sehingga sasaran konsumen tidak hanya orang orang sekitar yang mengetahui konter pulsa Anda saja. Melainkan Anda dapat melakukan transaksi dengan orang lain di luar daerah. Alhasil, keuntungan yang bisa diperoleh pun akan jauh lebih besar.

Melakukan Promosi

Meski memulai bisnis pulsa secara online cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun usaha ini juga tidak akan berjalan dengan baik, apabila Anda tidak melakukan promosi yang tepat. Sebab masyarakat tidak ada yang mengetahui bisnis Anda, sehingga Anda pun tidak dapat menjaring pasar.

Maka dari itu, penting untuk melakukan promosi untuk meningkatkan brand awareness dan menjaring pangsa pasar lebih luas. Dalam hal ini, promosi yang dilakukan bisa memanfaatkan media sosial yang ada. Mengingat bahwa setiap orang saat ini setidaknya memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Anda bisa memanfaatkan beberapa platform media sosial yang sedang populer, seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok. Karena pulsa dan paket data dibutuhkan oleh berbagai kalangan, maka melakukan promosi pada semua media sosial terkenal ini bisa dilakukan karena target pasarnya juga luas.

Sebagai tips memulai bisnis pulsa agar dapat mendatangkan banyak keuntungan, Anda perlu membuat konten yang menarik dalam melakukan promosi. Cantumkan pula testimoni agar masyarakat semakin percaya dengan bisnis Anda. Di samping itu, Anda juga bisa membuat banner agar bisnis semakin dikenal.

Menetapkan Harga Bersaing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, harga adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen saat hendak membeli sesuatu, termasuk pulsa maupun paket data. Jadi setelah Anda berhasil menemukan distributor yang menawarkan harga murah, maka Anda pun harus menetapkan harga bersaing agar bisnis Anda lebih unggul dibandingkan lainnya.

Pulsa sendiri saat ini bisa dibilang termasuk sebagai salah satu kebutuhan primer, di samping pangan, sAndang, dan juga papan. Karena semua aktivitas sehari hari saat ini tidak bisa dipisahkan dari kegiatan telekomunikasi dan internet, yang membutuhkan pulsa maupun paket data ini.

Melihat fakta tersebut, maka untuk menentukan harga bersaing maka Anda perlu memprioritaskan keuntungan dari kuantitas penjualan dibandingkan dengan besarnya keuntungan dari setiap transaksi. Karena harga yang dipasang terlampau mahal akan membuat konsumen enggan untuk kembali membeli pulsa dari Anda.

Sebaliknya, harga bersaing yang terjangkau akan membuat pembeli menjadi loyal dan tidak menutup kemungkinan untuk kembali membeli dari Anda. Jadi, tips memulai bisnis pulsa yang harus Anda lakukan yaitu survey harga pulsa di daerah Anda melakukan bisnis. Dari hasil survey, Anda dapat menentukan harga terbaik untuk ditawarkan pada pelanggan.

Anti Hutang

Salah satu yang kerap kali menjadi masalah bagi pebisnis yang berada pada bidang penjualan pulsa dan paket data, adalah selalu di-bon oleh customers. Ini tidak jarang terjadi, apalagi jika yang membeli pulsa adalah kenalan sendiri, seperti teman sampai tetangga. Sehingga saat hendak membeli deposit untuk periode baru, terkadang uang tidak mencukupi.

Padahal penjualan untuk saldo sebelumnya cukup banyak dan sudah balik modal. Namun sayangnya banyak yang hutang, sehingga perputaran modal menjadi terhambat. Belum lagi jika orang yang berhutang ternyata sulit untuk ditagih. Dan Anda sendiri merasa sungkan untuk menagihnya lantaran mereka adalah tetangga atau teman Anda.

Untuk itu, sebaiknya dari awal hindari orang orang yang ingin hutang pulsa. Katakan dengan tegas bahwa Anda tidak menerima hal tersebut. Karena meski terkesan remeh, namun efeknya lama kelamaan akan sangat terasa dan bisa membuat bisnis tidak berjalan baik hingga gulung tikar.

Metode Pembayaran yang Beragam

Tips memulai bisnis pulsa yang tidak kalah penting di zaman yang semakin modern seperti sekarang, yaitu Anda perlu menghadirkan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan konsumen. Karena di era digital seperti sekarang, banyak orang yang ke sana ke mari tidak membawa uang dalam bentuk tunai.

Selain itu, bisnis pulsa di masa kini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara karena mengikuti berbagai perkembangan teknologi yang ada. Dalam hal ini, beberapa metode pembayaran yang dapat Anda pertimbangkan seperti dompet digital, mobile banking, kartu debit, dan lain sebagainya.

Mempermudah bisnis pulsa dan paket yang hendak dijalankan, Anda bisa menjadi agen KHTRX Pulsa Center untuk layanan terbaik. Transaksi online 24 jam dengan harga murah, customer support yang cepat tanggap, apps mudah, cetak struk ke printer bluetooth, hingga metode pembayaran beragam akan Anda dapatkan. Klik di sini untuk untuk mengunduh aplikasi Pulsa Center.

Tips Memulai Bisnis Pulsa dan Paket Data

Leave a Reply

Your email address will not be published.