Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Berjualan memang saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Termasuk berjualan makanan sekalipun. Salah satu pangsa pasar yang saat ini bisa Anda jalankan dengan mudah adalah dengan membuka usaha kantin sekolah. Kantin sekolah merupakan peluang usaha yang bisa Anda jalankan dengan keuntungan yang menjanjikan, dengan target market yang sudah jelas.

Nah, untuk Anda yang penasaran apa saja tips membuka usaha kantin di sekolahan, berikut ini adalah beberapa ulasannya untuk Anda.

Survey lokasi

Yang pertama Anda coba lakukan adalah mencoba untuk melakukan survey lokasi. Survey lokasi ini sangat penting, agar Anda bisa menentukan apa saja yang akan Anda jual. Misalnya untuk sekolah SD dan SMA, tentu saja makanan yang Anda jual akan berbeda jenisnya, karena pangsa pasarnya berbeda.

Perijinan

Tentu saja perijinan merupakan salah satu hal yang sangat perlu untuk Anda dapatkan. Anda mesti mengurus perijinan ini ke pihak sekolah. Yang mesti Anda lakukan adala bersabar dengan proses perijinannya. Dan pastikan ke pihak sekolahan bahwa Anda menjual makanan atau produk yang aman dan sehat untuk anak – anak di sekolahan. Setelah Anda mendapatkan perijinan, maka Anda bisa memulai bisnis usaha kantin sekolah Anda.

Modal

Menentukan seberapa besar modal yang diperlukan merupakan salah satu hal yang mesti dilakukan dalam menjalankan berbagai macam bisnis dan usaha. Termasuk salah satunya adalah dalam hal membuka kantin sekolahan. Tentukan jenis makanan atau produk apa yang nantinya akan Anda jual. Alokasikan modal dengan perhitungan yang matang, agar usaha yang Anda buka bisa berjalan dengan sukses tanpa mengalami banyak kerugian.

Menjual produk makanan yang bergizi dan menarik

Nah, yang satu ini juga merupakan salah satu hal yang tentu saja perlu untuk Anda perhatikan baik – baik. Karena pangsa pasarnya sebagian besar adalah anak – anak, maka sebaiknya Anda menjual produk makanan yang bernilai gizi. Selain itu, untuk menarik perhatian para anak – anak, Anda bisa mengemasnya dengan bungkus hingga tampilan yang menarik.

Variasikan produk jualan

Berjualan di kantin sekolah sama seperti hal nya siswa yang masuk sekolah hampir setiap hari. Produk yang dijualkan mesti beragam, karena kantin sekolah buka sama seperti hari dimana para siswa bersekolah. Dengan produk yang beragam, tentunya akan membuat konsumen tidak bosan dengan menu yang monoton. Menambah ragam kuliner tentu saja menjadi hal yang akan menarik untuk Anda lakukan.

Demikian beberapa cara atau tips yang bisa Anda coba lakukan untuk membangun usaha kantin sekolah agar nantinya bisa sukses. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published.