Tips Agar Terhindar dari Penipuan Online

Membeli barang secara online memang harus didasari oleh kepercayaan pembeli terhadap penjual karena pembeli biasanya melakukan transfer sejumlah uang terlebih dahulu sebelum barang yang dibeli dikirim. Namun keadaan seperti ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan tanpa mengirimkan barang yang sudah dipesan setelah pembeli mengirimkan uang. Hal seperti ini tentu sangat rawan terjadi dalam hal jual beli secara online.

Penipuan bukan saja terjadi dalam hal tidak dikirimnya barang yang dipesan, namun ada juga penipu yang tetap mengirimkan barangnya tetapi barang yang dikirimkan tersebut berbeda dari yang ditawarkan secara online. Tentu dalam hal seperti ini pembeli banyak sekali dirugikan. Dibawah ini akan dibahas mengenai apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli barang secara online agar terhindar dari penipuan. Berikut adalah beberapa tips agar Anda terhindar dari penipuan online seperti contohnya saat berbelanja online.

1. Pilih Penjual Yang Menggunakan Rekening Bersama

Penggunaan rekening bersama adalah cara yang paling aman untuk menghindari penipuan karena antara Anda dan pembeli ada perantara proses transaksi dana. Sistem rekening bersama ini sudah banyak diterapkan seperti toko-toko online member Tokopedia, Shopee, ataupun Mataharimall.

2. Pilih COD

Anda bisa mencari penjual yang menerapkan sistem COD atau Cash On Delivery dimana Anda akan membayar saat barang sudah sampai ditangan Anda. Keuntungan dari sistem ini juga Anda dapat melihat dahulu kualitas barang yang Anda beli sebelumnya untuk menghindari penipuan dengan cara mengirim barang yang berbeda dari yang Anda pesan. Sistem COD juga sudah banyak diterapkan oleh toko-toko online saat ini untuk semakin menghindarkan Anda dari penipuan online.

3. Lihat Reputasi Penjual

Pilihlah penjual yang memiliki reputasi baik entah itu mengenai ketepatan, kualitas barang, serta respon yang cepat. Anda bisa dengan melihat feedback atau ulasan yang dimiliki penjual tersebut atau Anda juga bisa melihat komentar-komentar pembeli lain mengenai produk yang dijual untuk dapat mengetahui reputasi dan tingkat keaslian produknya. Periksa juga tingkat kepuasan konsumen karena itu juga sangat berpengaruh.

4. Meminta Nomor Resi Pengiriman

Usahakan selalu meminta nomor resi pengiriman paket Anda jika penjual telah mengkonfirmasi bahwa barang yang Anda beli sudah dikirim. Dengan nomor resi ini Anda dapat melakukan pelacakan terhadap kiriman Anda. Hati-hati juga jika terhadap nomor resi palsu untuk mengelabuhi Anda. Jika itu terjadi Anda dapat melaporkannya pada akun yang khusus mendaftar online shop mana saja yang terbukti melakukan penipuan seperti di instagram dengan akun indonesia blacklist.

5. Jangan Mudah Tergiur Dengan Diskon

Tak jarang penipu melancarkan aksinya dengan membuat promosi diskon besar-besaran dengan harga yang tidak masuk akal. Jangan mudah tertipu dengan semua itu. Pelajarilah kredibilitas toko online tersebut dengan baik. Anda juga tetap waspada apakah barang yang dikirim sesuai atau tidak. Jangan pula tertarik dengan barang blackmarket sehingga penjual menjualnya dengan harga murah karena bisa saja barang yang dijual adalah palsu.

Dengan maraknya kejahatan online sekarang ini Anda sebaiknya waspada jangan sampai tertipu. Penipu akan menggunakan berbagai trik untuk menjerat korbannya. Oleh sebab itu berbelanja online lah ditempat yang memang sudah jelas dan terpercaya. Demikian semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda.

Tips Agar Terhindar dari Penipuan Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.