Mencari Uang Sampingan dengan Modal Kecil

Menjadi karyawan dengan usaha sampingan tentunya tidak akan dilarang oleh perusahaan asalkan usaha sampingan yang dijalankan tidak mengganggu pekerjaan utamanya. Terkadang hal yang menjadi penghambat dari seorang karyawan untuk melakukan bisnis sampingan adalah modal. Biasanya karyawan sebelum memulai usahanya sudah berpikir bahwa usaha sampingan pastinya memiliki modal yang besar sedangkan penghasilan mereka hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Tidak asing lagi jika kebanyakan karyawan lebih memilik untuk meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Namun jika karyawan tersebut tergolong baru dalam dunia usaha sampingan dan tidak dapat mengelolanya dengan baik hal ini malah membuat pinjaman banknya membebani usaha yang sedang dirintisnya. Buruknya hal ini malah berujung pada cicilan dan bunga yang harus dia bayar secara rutin bukannya penghasilan tambahan yang diperoleh. Oleh sebab itu di artikel ini kami akan membahas jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan karyawan dengan modal kecil.

1. Jasa Laundry

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, hal ini akan sangat menguntungkan untuk membuka usaha laundry, dimana banyak orang yang menginginkan hal yang serba praktis dalam mencuci pakaian. Kebanyakan orang dengan mobilitas dan aktivitas yang tinggi dan padat pastinya tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka. Oleh sebab itu jasa laundry ini bisa Anda jadikan peluang usaha yang menguntungkan dengan harga terjangkau yang bisa Anda tawarkan.

2. Menjual Pulsa Elektrik

Berjualan pulsa juga jenis usaha sampingan yang tidak memerlukan modal yang besar. Apalagi Anda bisa memiliki sasaran konsumen yang banyak mulai dari tetangga sekitar rumah Anda dan juga teman-teman kerja Anda. Usaha sampingan ini juga minim kerugian karena tidak ada masa expired dari produk yang Anda jual.

3. Jasa Desain Grafis

Apabila Anda seorang karyawan yang bekerja dalam bidang jasa desain grafis atau Anda menyukai bidang ini Anda bisa jadikan hal ini sebagai usaha sampingan Anda. Anda dapat membuat desain berupa logo, kartu nama, mascot, booth, poster, dan interior. Untuk menjual desain yang Anda buat bisa secara online di sribu.com, project.co.id dimana situs ini menggunakan bahasa Indonesia, untuk situs berbahasa Inggris Anda bisa menjual karya Anda di 99designs.com, elance.com, dan upwork.com.

4. Jasa Les Privat

Usaha sampingan yang satu ini memiliki waktu yang fleksibel yang bisa Anda lakukan setelah pulang bekerja ataupun saat hari libur. Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing Anda bisa membuka les privat bahasa Inggris misalnya. Biaya yang Anda patok untuk jasa les privat yang Anda tawarkan bisa disesuaikan dengan kondisi ekonomi lingkungan Anda. Untuk mendapatkan harga yang tepat Anda bisa melakukan riset lapangan terhadap harga les privat yang dipatok disekitar tempat Anda.

5. Menjual Pakaian Murah

Usaha sampingan menjual pakaian murah juga tidak memerlukan modal yang besar. Sasaran konsumen Anda bisa teman kerja Anda dan juga lingkungan tempat tinggal Anda. Anda juga bisa membuka stand pada saat Sunday morning dimana banyak orang berkumpul untuk sekedar berolahraga atau ditempat-tempat keramaian lainnya pada saat hari libur.

Demikian tadi adalah usaha yang bisa Anda jadikan sebagi usaha sampingan tanpa modal yang besar. Semoga Anda sukses menjalankan usaha sampingan Anda. Semoga bermanfaat.

Mencari Uang Sampingan dengan Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published.