Dinilai memiliki sistem yang jauh lebih memudahkan masyarakat, token listrik atau pulsa listrik kini digunakan lebih luas dibandingkan meteran listrik. Yang mana token listrik ini merupakan sebuah satu pembayaran untuk pengisian daya listrik PLN prabayar. Hal tersebut ternyata membuka peluang bisnis pulsa listrik. Seperti apa ? Cek ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Token listrik banyak digunakan karena pengguna dapat memegang kontrol terhadap penggunaan listrik setiap harinya.

 

Kenapa Token Listrik Banyak Digunakan ?

Meski pelanggan listrik sendiri sebenarnya dibebaskan untuk memilih antara sistem meteran listrik pascabayar atau token listrik. Nyatanya masyarakat banyak yang merasa dimudahkan dengan adanya sistem pulsa listrik. Mengapa demikian ? Ada beberapa poin yang dapat digarisbawahi dalam hal ini.

Yang pertama yaitu pengguna listrik dapat memegang kontrol terhadap penggunaan listrik setiap harinya, karena pulsa listrik bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Selain itu, dengan sistem ini maka tidak ada lagi petugas dari PLN yang akan datang ke rumah rumah untuk sekadar melakukan pemutusan aliran listrik apabila pengguna telah lama menunggak pembayaran.

Dengan begitu, risiko kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas pun dapat diminimalisir. Dimana kesalahan pencatatan itu sendiri tentunya dapat merugikan kedua belah pihak, baik masyarakat yang menggunakan listrik maupun pihak PLN. Bagusnya lagi, sistem token listrik diklaim tidak dapat dibobol.

Pasalnya, 20 digit angka pulsa listrik yang sudah dibeli hanya bisa diisikan ke meteran listrik milik diri sendiri dan tidak dapat diisikan ke meteran milik orang lain. Bahkan, berbagai kemudahan ini tidak hanya bisa dirasakan oleh pengguna listrik semata. Pihak PLN sendiri mendapatkan manfaat di balik penggunaan sistem token tersebut.

Karena, apabila banyak masyarakat yang menggunakan sistem meteran listrik pasca bayar. Maka PLN punya risiko besar untuk merekrut lebih banyak orang, guna mencatat angka meteran listrik dari setiap rumah. Hal ini jelas mampu mempengaruhi kinerja operasional dari PLN, baik dari segi biaya yang dikeluarkan untuk penggajian karyawan maupun proses pencatatan yang cenderung lambat.

Semua hal ini, pada akhirnya mampu membuka peluang bisnis pulsa listrik. Terlebih dengan semakin majunya teknologi di zaman sekarang, Anda bisa dengan mudah menjadi agen bisnis pulsa listrik untuk masyarakat. Melihat bahwa masyarakat sendiri semakin banyak yang menggunakan sistem ini, maka bisnis token listrik terbilang cukup menjanjikan untuk usaha sampingan.

Analisa Keuntungan Penjualan Token Listrik

Seperti yang telah disinggung, jumlah pengguna listrik prabayar atau token listrik saat ini semakin banyak sehingga mampu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjalankan bisnis pulsa listrik. Yang mana pembelian pulsa listrik setiap hari dapat menjadi salah satu penyebab dari potensi keuntungan yang cukup besar.

Pasalnya, token listrik ini berbeda dari listrik pascabayar yang mengharuskan para pengguna atau masyarakat untuk membayar listrik setiap satu bulan sekali. Untuk pulsa atau token listrik ini, pembayarannya dilakukan dari jumlah transaksi. Dimana transaksi yang dilakukan oleh setiap pengguna bisa beberapa kali dalam satu bulan.

Sehingga, keuntungan dari peluang bisnis pulsa listrik ini dihitung dari jumlah per transaksi. Atau dengan kata lain, apabila jumlah transaksi semakin banyak maka akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda raup. Sederhanya, keuntungan yang didapat oleh agen pulsa listrik tidak berdasarkan besar tagihan yang dibayar oleh pengguna listrik.

Dimana jika masyarakat memiliki tagihan yang besar, maka keuntungan yang akan didapat oleh penjual juga akan semakin besar. Sistemnya tidak demikian, karena besar kecilnya tagihan akan memberi keuntungan yang sama setiap terjadinya transaksi. Sebagai contoh, apabila Anda menerapkan margin per transaksi pulsa listrik yaitu Rp. 2.000.

Ibaratkan dalam sehari Anda mampu menjual token listrik kepada 20 orang pengguna atau dengan kata lain Anda telah melakukan penjualan 20 kali. Maka keuntungan yang diperoleh yaitu Rp. 2.000 x 20 = Rp. 40.000, jika sebulan mampu melakukan penjualan yang konsisten maka Rp. 40.000 x 30 = Rp. 1.200.000. Tentu sangat menguntungkan untuk pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan.

Tips Bisnis Pulsa Listrik

Mendaftar Menjadi Agen Pulsa Listrik

Peluang bisnis pulsa listrik yang cukup menjanjikan untuk usaha sampingan, tentu harus Anda manfaatkan dengan baik. Di zaman yang modern seperti sekarang, Anda bahkan bisa dengan mudah mendaftar menjadi agen pulsa listrik. Pasalnya saat ini sudah tersedia aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis untuk mendaftar menjadi agen dengan cara yang praktis.

Pendaftaran bisa langsung dilakukan melalui aplikasi yang sudah terinstall pada smartphone. Sehingga Anda dapat melakukan pendaftaran ini di mana saja dan kapan saja saat Anda memiliki waktu luang. Namun pastikan bahwa aplikasi yang Anda pilih untuk mendaftar menjadi agen adalah aplikasi terpercaya dan memiliki banyak review positif, sehingga terhindar dari penipuan.

Mengisi Saldo Deposit

Setelah melakukan pendaftaran menjadi agen pulsa listrik, maka Anda perlu melakukan pengisian deposit untuk dapat mulai berjualan token listrik. Biasanya modal minimal yang digunakan adalah Rp. 100.000, atau bisa juga dengan jumlah di atas itu sesuai dengan kemampuan atau kondisi finansial Anda. Jika saldo sudah terisi, peluang bisnis pulsa listrik bisa langsung Anda eksekusi.

Selalu Online

Menjadikan diri selalu siap sedia ketika pelanggan membutuhkan adalah hal yang penting, Pasalnya, banyak kesetiaan pelanggan ternyata terbangun bukan hanya karena permasalahan harga semata. Nyatanya, pelayanan dan inovasi yang diberikan oleh penjual menjadi nilai plus tersendiri di mata pelanggan sehingga membuat mereka menjadi loyal.

Seperti saat ini, masyarakat umumnya akan lebih memilih layanan yang efektif dan efisien sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Jadi hal ini membuktikan bahwa semakin mudahnya bisnis Anda terjangkau oleh konsumen, maka mereka akan semakin setia untuk membeli token listrik dari Anda.

Tidak jarang banyak orang yang membutuhkan token listrik di malam hari, karena mereka baru sadar bahwa pulsa listriknya sudah hampir habis dan lupa melakukan pengisian kembali. Jika Anda mampu memberikan kebutuhan tersebut di saat saat seperti ini, bukan tidak mungkin pelanggan akan semakin loyal.

Selain itu, pelanggan yang loyal biasanya acap kali memberikan rekomendasi pada temannya untuk melakukan pembelian juga. Sehingga Anda dapat memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Dimana pasar yang dijangkau tidak hanya dari orang orang terdekat saja, melainkan pula teman dari teman yang Anda miliki.

Memanfaatkan Berbagai Media Sosial

Peluang bisnis pulsa listrik bisa Anda eksekusi dengan baik apabila memanfaatkan berbagai media sosial yang ada. Karena Anda hendak menjalankan bisnis pulsa listrik online, sehingga melakukan pemasaran online tentu sangat dibutuhkan dalam hal ini. Dimana media sosial adalah tempat promosi terbaik, karena mudah dilakukan dan tentunya gratis.

Jadi, bisnis pulsa listrik ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis pulsa HP pada umumnya. Sehingga Anda pun bisa juga menjalankan keduanya untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Aplikasi Pulsa Center, bisa menyediakan kedua produk pulsa ini dalam satu platform yang akan memudahkan Anda. Klik di sini untuk mengunduh aplikasinya dan jalankan bisnis segera!

 

Mengulik Bisnis Token Listrik, Usaha Menjanjikan Meski Recehan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.