Dalam berjualan, terkadang tidak selalu stok barang yang disediakan habis terjual. Ada beberapa stok yang tak kunjung terjual dalam kurun waktu tertentu. Hal ini berpengaruh buruk bagi bisnis Anda. Di samping membuat penumpukan stok, perputaran keuangan juga  akan menjadi terhambat. Terlebih lagi jika ada stok produk baru, maka menjual stok lama akan menjadi suatu tantangan tersendiri.

Biasanya para penjual akan menurunkan harga jual dari stok lama dan mengambil sedikit laba. Karena memang sudah tidak ada pilihan lagi, namun di bawah ini kami sajikan beberapa kiat mudah dan cepat untuk menjual stok lama produk Anda supaya laku dan terjual habis. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kiat Menjual Stok Produk Lama

Promosikan lebih gencar

Suatu barang yang tidak laku kebanyakan disebabkan proses promosinya yang kurang gencar dan juga tepat. Anda bisa mencoba untuk membenahi kiat promosi produk Anda, bisa juga karena barang tersebut kurang terlihat dan otomatis para pelanggan tidak banyak yang tertarik. Jika Anda berjualan secara online, tampilkan gambar barang stok lama tersebut di halaman paling depan kemudian tambahkan tagline yang menarik dan unik. Kemudian jika Anda menjualnya secara offline, Anda dapat menaruh produk tersebut di etalase paling depan agar nantinya terlihat oleh para konsumen.

Berikan diskon

Langkah selanjutnya bisa Anda lakukan dengan cara memberikan diskon atau potongan harga khusus stok lama Anda. Meski keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya kecil, namun Anda juga akan mendapatkan keuntungan dengan stok lama Anda yang terjual. Anda dapat mendapat keuntungan untuk membuat perputaran keuangan di bisnis Anda kembali berjalan dan tidak terhambat lagi. Adakan diskon yang menarik seperti promo buy 1 get 1, atau diskon potongan harga misal 10 – 15%.

Buat bundle

Langkah selanjutnya merupakan cara yang paling mudah untuk memasarkan stok lama. Berikan penawaran atau bundle penawaran 2 – 3 produk lalu diberi label harga khusus. Dengan membuat bundle tersebut kemudian diberikan harga khusus, Anda juga bisa menggabungkan produk baru dengan produk lama agar lebih menambah ketertarikan para pelanggan.

Tambahkan sebagai hadiah

Cara yang terakhir juga merupakan salah satu cara yang cukup cepat dalam menghabiskan stok lama. Hanya potensi penghasilan yang didapat lebih minim. Meski penghasilan yang akan Anda dapatkan nantinya lebih kecil, namun setidaknya Anda dapat mendapat keuntungan karena bisa untuk membuat perputaran keuangan di bisnis Anda kembali berjalan dan tidak terhambat lagi. Caranya adalah dengan mengadakan promo seperti misal setiap pembelian barang baru atau produk baru, Anda bisa menggratiskan satu buah stok lama Anda. Dengan catatan harga yang ditawarkan lebih sedikit. Harga ini tercipta karena harga asli produk baru dengan separuh harga stok produk lama misalnya. Cara ini dinilai efektif untuk menjaring konsumen baru dan meningkatkan daya beli konsumen.

Itulah beberapa cara cepat dan mudah dalam menjual stok lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kiat Cepat dan Mudah Menjual Stok Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published.