Jenis-jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

Jenis usaha bidang pertanian memang tergolong cocok untuk dijalankan di Indonesia karena iklimnya dan struktur tanah yang membuat tanaman mudah tumbuh. Indonesia sebagai negara agraris menjadikannya terbukti potensial untuk membuka peluang pada bidang pertanian. Usaha ini juga cocok jika Anda hidup di daerah pedesaan yang memiliki lahan cukup luas untuk menjalankan usaha Anda.

Selain jenis-jenis tanaman penghias rumah, Anda juga bisa menanam tanaman pangan karena merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Menanam sayuran dan buah-buahan juga bisa menambah pemasukan Anda. Pilihlah jenis buah atau sayuran yang tidak bergantung pada musim jadi Anda bisa menanam dan memanennya kapanpun. Sebelumnya pelajari dahulu macam-macam teknik pengolahan tanah dan juga penangnan hama karena nantinya ini sangat dibutuhkan untuk proses usaha Anda. Dalam artikel ini kami akan membahas jenis tanaman apa saja yang cocok dijadikan usaha.

1. Herbal

Jenis-jenis tanaman herbal sangat cocok untuk dijadikan usaha karena tanaman herbal sangat dibutuhkan dalam industri pembuatan jamu. Selain itu tanaman herbal juga dibutuhkan untuk bumbu masakan setiap hari. Kebanyakan tanaman herbal juga tidak membutuhkan perawatan ekstra dan mudah untuk dipelihara karena tahan hama. Waktu panen dari tanaman herbal juga relative singkat.

2. Sayuran Organik

Bagi para pemerhati kesehatan, sayuran organik sangat bagus untuk dikonsumsi dan menjadi salah satu incaran untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur konsumsi setiap hari. Selain sayuran organik yang masih jarang dipasarkan, sayuran organik juga memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding dengan sayuran biasa. Banyak sayuran yang bisa Anda budidayakan secara organik seperti bayam, tomat, kobis, wortel, cabai, dan lain-lain. Untuk memulai usaha ini sebelumnya Anda harus mempelajari teknik bercocok tanam dengan menggunakan pupuk organik dan juga tanpa pupuk kimia apapun.

3. Buah Organik

Selain sayuran organik yang banyak menjadi incaran, buah organik pun banyak dicari oleh orang. Buah bisa dibilang sebagai sumber gizi yang memiliki berbagai macam kandungan yang penting untuk kesehatan tubuh. Ada banyak jenis buah yang bisa Anda budidayakan secara organik seperti jeruk, anggur, kelengkeng, pepaya, dan lain-lain. Anda tentunya harus mempelajari teknik dan cara untuk bercocok tanam buah organik supaya nantinya tanaman yang akan ditanam menjadi subur dan berbuah lebat.

4. Tanaman Hias

Untuk saat ini peminat tanaman hias memang sedikit mengalami penurunan, tetapi sebenarnya ini bisa Anda jadikan peluang untuk bisa memulai usaha ini dengan modal yang kecil. Sasaran konsumen tanaman hias biasanya kantor pemerintahan, hotel, kantor lembaga, bahkan rumah-rumah yang memiliki taman. Biasanya juga tanaman hias dibutuhkan jika terdapat event-event tertentu sebagai bahan dekorasi. Misalnya Anda bisa menanam berbagai jenis bunga yang tentunya tidak akan sepi pembeli.

5. Tanaman Pangan

Jika Anda memiliki sawah Anda tentunya bisa menanam padi yang memiliki potensi luar biasa karena saat ini lahan persawahan sudah berkurang banyak sehingga menyebbakan harga beras melambung tinggi. Namun jika Anda hanya memiliki lahan kering Anda bisa membudidayakan jagung yang memiliki waktu panen yang relatif lebih cepat.

Bercocok tanam tidak hanya membuat lingkungan menjadi asri tetapi juga bisa menjadi ladang bisnis dengan profit yang menggiurkan untuk Anda. Apakah Anda tertarik untuk mencoba peluang bisnis ini? Demikian beberapa ulasan diatas, semoga bermanfaat untuk Anda jadikan referensi dan acuan untuk memulai berbisnis tanaman. Selamat mencoba.

Jenis-jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.