Tips Berjualan Pulsa Secara Daring

Perkembangan internet yang begitu pesat membuat banyak kegiatan kini bisa dilakukan secara online, termasuk dalam bidang bisnis. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, berjualan online adalah pilihan yang tepat. Salah satunya adalah berjualan pulsa, yang saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Berikut tips jual pulsa online dengan omzet menggiurkan yang bisa Anda terapkan.

 

Kiat Berjualan Pulsa Secara Daring

Cari Agen yang tepat

Mencari server atau agen pulsa merupakan langkah awal untuk memulai bisnis berjualan pulsa secara online. Pemilihan agen ini sangat penting dilakukan dengan cermat, karena akan menentukan kepraktisan selam proses menjalankan bisnis, sampai berpengaruh terhadap omzet yang akan Anda dapatkan dari bisnis tersebut.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi ketika memilih agen pulsa atau distributor, kenapa ? Karena mencarinya bisa sangat mudah, cukup andalkan smartphone yang Anda miliki. Saat ini sudah bisa ditemukan banyak aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menjadi agen pulsa. Cari yang mampu menawarkan harga terbaik agar Anda bisa mendapat omzet maksimal.

Selain itu, yang tidak kalah penting yaitu aplikasi tersebut harus praktis dan mudah digunakan. Sehingga Anda bisa melakukan transaksi bisnis pulsa secara mudah di mana saja dan kapan saja. Anda bisa melihat review atau testimoni di internet untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan server, sebelum memutuskan melakukan deposit.

Menentukan Harga

Tips jual pulsa online yang harus Anda terapkan setelah mendapatkan distributor pulsa terbaik yaitu menetapkan harga jual yang akan ditawarkan pada konsumen. Ini adalah langkah yang penting, sehingga Anda tidak boleh menetapkannya secara asal asalnya. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen selalu mempertimbangkan harga.

Dimana penentuan harga jualnya sendiri bisa didasarkan atas harga beli atau modal yang Anda keluarkan, harga di pasaran, serta laba yang ingin diperoleh. Dalam hal ini, maka Anda perlu melakukan riset pasar kecil kecilan. Lihat bagaimana para pesaing menetapkan harga jual atas produk pulsa yang mereka pasarkan.

Anda bisa saja menetapkan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan harga jual dari para pesaing jika ingin mendapatkan laba yang besar, asalkan Anda sendiri juga mampu memberikan pelayanan yang jauh lebih baik. Anda juga boleh saja menetapkan harga yang lebih murah untuk menarik konsumen, asalkan untung yang diperoleh juga sesuai dengan apa yang Anda keluarkan.

Atur Pembukuan dengan Ketat

Berjualan pulsa secara online kebanyakan memang dilakukan sebagai pekerjaan sampingan semata, sehingga banyak orang yang menyepelekan aspek satu ini. Padahal mengatur pembukuan dengan ketat penting untuk dilakukan. Tips jual pulsa online ini bahkan akan membantu Anda dalam menetapkan harga yang paling tepat.

Misalnya Anda ingin menetapkan margin Rp. 500 untuk setiap satu transaksi yang dilakukan. Margin ini mungkin terlihat kecil, namun bisa mendatangkan lebih banyak pembeli lantaran tergiur dengan harga murah. Sehingga 100 transaksi per hari saja sudah bisa mendapatkan penghasilan Rp. 500 x 100 x 30, maka hasilnya yaitu Rp. 1.500.000 per bulan.

Mencatat pemasukan dan juga omzet yang diperoleh per harinya penting untuk dilakukan, agar Anda nantinya bisa memastikan nominal modal yang harus digunakan untuk operasional bisnis selanjutnya. Sehingga modal usaha pun tidak akan terpakai untuk kebutuhan lain yang di luar bisnis.

Lakukan Promosi

Agar dapat menjaring pangsa pasar, maka Anda perlu melakukan promosi. Mulai saja dengan promosi ke orang orang yang Anda kenal terlebih dahulu, seperti keluarga, kerabat, dan teman. Berjualan pulsa secara online tidak memerlukan biaya promosi yang besar, bahkan hampir tidak ada.

Karena selain mempromosikannya dari mulut ke mulut pada orang yang dikenal, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi guna menjangkau pasar yang lebih besar. Tentunya Anda perlu melakukan promosi ini secara berkala, dan pastikan selalu aktif media sosial agar bisa terus memperbesar pasar.

Lakukan Stock Opname

Tips jual pulsa online berikutnya yaitu Anda perlu melakukan stock opname secara berkala. Dalam bidang bisnis, stock opname merujuk adalah bagian dari pengendalian internal atas persediaan. Stock opname ini merujuk pada kegiatan persediaan stok barang yang masih ada di dalam gudang atau toko.

Meski tidak memiliki toko secara fisik atau produk pulsa itu sendiri memang tidak mempunyai bentuk fisik, namun Anda perlu melakukan stock opname terkait dengan saldo pulsa yang Anda jajakan pada pelanggan. Mengapa demikian ? Karena akan lebih baik jika Anda tidak kehabisan saldo ketika menjalankan bisnis.

Jangan mengecewakan pelanggan dengan mengharuskannya menunggu, ketika mereka ternyata sedang membutuhkan pulsa dengan cepat. Meski terdengar sepele, namun ini bisa mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Dan hal tersebut tentu tidak bisa dibilang baik untuk bisnis Anda ke depannya.

Oleh sebab itu, perkirakan atau tetapkan batas saldo minimal yang Anda miliki. Jadi ketika saldo sudah berada pada saldo batas tersebut, maka Anda bisa langsung melakukan deposit selanjutnya. Sehingga sisa saldo yang dimiliki senantiasa dapat digunakan untuk melakukan transaksi atau menerima permintaan konsumen.

Jangan Mau di-Bon

Kenapa poin satu ini masuk ke dalam tips jual pulsa online ? Karena masalah satu ini biasanya dianggap tidak begitu penting, namun faktanya menjadi salah satu penghambat yang membuat seseorang tak kunjung mendapatkan omzet tinggi. Alhasil bisnis pulsa yang Anda jalankan pun rasanya tidak mengalami kemajuan sedikit pun.

Pasalnya, modal yang belum kembali membuat pengisian deposit selanjutnya menjadi kurang maksimal. Atau untuk menutupi hal tersebut, Anda jadi harus menggunakan uang di kebutuhan lain untuk menjadikannya sebagai modal sementara. Ini akan merusak penghitungan di pembukuan yang Anda lakukan, dan membuat bisnis tidak berjalan lancar.

Maka dari itu, jangan mau jika pelanggan melakukan bon atau berutang. Karena hal ini akan membuat Anda menjadi sulit untuk memutar modal untuk deposit selanjutnya. Jadi, simpan dulu rasa tidak enakan yang dimiliki. Mengingat bahwa di lapangan acap kali ditemukan masalah seperti ini, dimana pembeli yang melakukannya adalah orang orang terdekat.

Pastikan Selalu Online

Tips jual pulsa online berikutnya yang perlu Anda terapkan yaitu pastikan smartphone yang digunakan untuk menjalankan bisnis selalu online. Kenapa? Karena namanya saja jualan online, tentu saja Anda harus mempunyai perangkat yang selalu siap di mana pun dan kapan pun dibutuhkan oleh pelanggan.

Percaya atau tidak, banyak orang yang tiba tiba membutuhkan pulsa di malam hari atau saat saat yang tidak terpikirkan. Sebab konter offline biasanya tutup di malam hari, sehingga konsumen tentunya akan mencari orang yang berjualan pulsa secara online. Ini tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Sebenarnya berjualan pulsa secara online adalah salah satu bisnis yang mudah untuk dilakukan. Terlebih sekarang tidak hanya pulsa reguler saja yang dapat ditawarkan, tapi juga kuota, pulsa listrik, dan lainnya. Gunakan aplikasi Pulsa Center yang memungkinkan Anda untuk menjadi agen pulsa dengan berbagai produk tersebut. Mulai sekarang untuk segera dapatkan omzet besar!

 

Ingin Omzet Tinggi Jual Pulsa selama Pandemi ? Intip di Sini Tipsnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.