Usaha Hewan Ternak Yang Cocok

Membuka peluang usaha dalam bidang peternakan merupakan hal yang potensial. Apalagi jika Anda melakukan ternak hewan konsumsi yang tidak pernah sepi pembeli. Usaha beternak hewan juga sangat cocok dilakukan jika Anda tinggal di wilayah pedesaan ataupun jika Anda memiliki lahan yang cukup luas. Apalagi jika Anda memang memiliki hobi ternak hewan tentu akan menjadi lebih menyenangkan menjalankan suatu bisnis yang dilakukan berdasarkan kesenangan.

Untuk memulai bisnis beternak hewan peliharaan, hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah membaca peluang pasar. Pilih hewan yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu juga pilih hewan yang jenis perawatannya mudah agar tidak gampang mati dan bisa menyebabkan Anda menjadi rugi. Harga pakan yang tergolong murah atau bahkan bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana juga bisa menambah keuntungan Anda. Berikut ini adalah hewan-hewan yang bisa Anda pelihara untuk memulai usaha peternakan Anda.

1. Beternak Kambing

Beternak hewan yang satu ini juga tergolong mudah dan untuk biaya pakannya juga murah. Jika Anda tingga dipedesaan tentu akan banyak rumput-rumput gratis yang bisa Anda ambil untuk dijadikan pakan kambing. Selain itu apabila musim Idul Adha, kambing bisa menjadi hewan ternak yang paling banyak dicari dan harga jualnya pun menjadi lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya.

2. Beternak Sapi

Sapi juga merupakan hewan konsumsi yang setiap harinya dibutuhkan konsumen untuk dikonsumsi dagingnya. Selain itu Anda juga bisa beternak sapi perah yang khusus untuk diambil susunya. Sapi perah memiliki masa panen yang lebih sering dibanding sapi potong. Anda dapat memanen susu dua kali sehari pada saat pagi dan sore hari.

3. Beternak Lele

Selain kambing dan sapi Anda juga dapat beternak ikan yang relatif lebih mudah dari sisi keperawatannya. Anda cukup menyediakan lahan untuk dijadikan kolam untuk budidaya ikan. Salah satu jenis ikan yang tidak mudah mati dalam kondisi apa pun adalah lele. Lele dapat hidup di perairan yang kotor sekalipun dan pakannya juga terbilang murah. Lele konsumsi banyak dibutuhkan oleh warung-warung makan maupun warung tenda yang setiap harinya menjual pecel lele. Bahkan saat ini lele banyak diolah dijadikan abon dan aneka olahan lainnya, hal ini tentunya akan sangat menguntungkan jika Anda beternak lele, karena profit yang akan didapat sangat menggiurkan dan modal yang Anda keluarkan terbilang tidak banyak.

4. Beternak Ayam

Beternak ayam juga merupakan usaha peternakan yang menjanjikan. Anda bisa beternak jenis ayam broiler yang memiliki masa panen singkat. Selain itu Anda juga bisa membuka usaha ayam petelur dimana setiap harinya Anda dapat memanen telur-telur ayam yang memiliki harga cukup tinggi dipasaran. Namun untuk membuka usaha ini usahakan agar lokasi peternakan jauh dari pemukiman warga karena bau dari kotoran ayam yang sangat menyengat.

5. Beternak Bebek

Seperti ayam, Anda juga bisa memilih untuk beternak bebek potong atau petelur. Untuk jenis bebek potong tentu banyak memiliki sasaran pembeli seperti warung-warung yang banyak menjajakan olahan bebek. Selain itu Anda juga bisa memelihara bebek petelur karena telur bebek banyak dibutuhkan untuk membuat telur asin ataupun martabak telur.

Demikian adalah hewan-newan yang cukup potensial untuk Anda jadikan usaha di bidang peternakan. Tidak ada yang tidak mungkin karena semua peluang adalah Anda sendiri yang menciptakan.

Usaha Hewan Ternak Yang Cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published.