Orang yang terlibat pada aktifitas bisnis sering kali lupa bahwa mereka juga harus mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan usaha dengan lancar, salah satunya adalah dengan membuat business plan yang jelas. Rencana bisnis merupakan blueprint atau garis besar rencana tertulis mengenai evaluasi bisnis yang dijalankan termasuk pada sisi ekonomi dan analisa serta prospek bisnis itu sendiri. Tanpa memiliki business plan yang jelas, seseorang dapat gagal untuk mengajukan pinjaman dana maupun ijin untuk menjalankan bisnis mereka secara legal. Ada contoh terbaik untuk membuatnya, dan berikut ini adalah Contoh Rencana Bisnis yang dibuat untuk usaha atau bisnis susu kambing :

Rencana Bisnis untuk Usaha Susu Kambing (Contoh)

Rencana Bisnis Susu Kambing

Perusahaan Susu memiliki rencana untuk dijalankan pada kawasan Permai dengan target pasar seluruh lapisan masyarakat. Manfaat susu kambing belum begitu dikenal oleh masyarakat sehingga bisnis ini bertujuan untuk lebih mensosialiasikan manfaat kesehatan susu kambing untuk tubuh dengan segala kandungan gizi yang dimilikinya. Anak-anak, remaja, orangtua, atau siapapun dapat menikmatinya.

Deskripsi Usaha

A. Data perusahaan

Nama                           : Perusahaan Susu Kambing “SARI Murni”

Tempat                         : Perumahan Permai Indah Gg. 4 Blok H no. 1

Bentuk  usaha               : Perdagangan dengan pengembangan UMKM

B. Data Pengusaha

Nama                                : Suyati

Tempat,Tanggal Lahir     : Banjarnegara, 28 Desember 1991

Pendidikan                       : Sedang menempuh S1 Pogram Study Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Indonesia

Alasan Menjalankan Usaha:

Susu kambing akan dikenalkan pada masyarakat sebagai alternatif sumber gizi selain susu sapi maupun susu kedelai. Prosep dari bisnis cukup tinggi karena memiliki kandungan gizi yang amat banyak dan dapat dimanfaatkan secara penuh untuk mendukung kualitas dan kebutuhan nutrisi seseorang. Potensi pengembangan bisnis juga amat besar sehingga akan menjadi solusi terbaik bagi seseorang yang ingin menikmati susu penuh protein dengan kandungan gizi paling terbaik. Selain itu, susu kambing juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga masyarakat luas takkan mengalami masalah sama sekali dalam membeli produk tersebut.

Kelebihan Dari Bisnis Susu Kambing

Ada banyak alasan kenapa bisnis susu kambing bisa memperoleh kelebihan untuk dijalankan :

a.    Proses produksi yang cukup mudah dijalankan

b.    Memiliki tekstur dan rasa yang unik

c.    Harga yang terjangkau

d.    Tempat penjualan sudah tersedia

e.    Sudah memanfaatkan pemasaran e-marketing

Demikianlah tadi gambaran Contoh Rencana Bisnis (dalam hal ini bisnis susu kambing). Dengan membuat rencana bisnis, pengusaha yang baru saja memulai rencana bisnis bisa secara jelas membuat rencana bisnis mereka dan menyelesaikan segala aspek dan segmen rencana bisnis dengan benar. Pelatihan dan juga segala sesuatunya bisa dilibatkan nanti. Membuat business plan tidak sesulit yang dibayangkan dan seseorang bisa saja membuat secara pribadi maupun memanfaatkan bantuan atau jasa ahli untuk membuat rencana bisnis tersebut. Semakin bagus rencana bisnis yang dibuat, maka sisi profesionalisme bisnis tersebut meningkat juga.

Rencana Bisnis (Contoh Business Plan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.