Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar

SOP merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan karena inilah yang menjadi penggerak atas kinerja seluruh  anggota perusahaan anda namun Pada kenyataannya, standard operating procedur yang dibuat oleh kebanyakan perusahaan saat ini khususnya perusahaan kecil  tidak semuanya memiliki kualitas untuk dijadikan sebagai sebuah standard. Tidak sedikit juga yang hanya berakhir sebagai hiasan karena pada prakteknya tidak bisa diimplementasikan sebagai fungsi yang benar. Lalu bagaimana Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar yang bisa digunakan untuk membuat yang berkualitas? Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan bagi mereka para pengusaha yang belum punya pengalaman sama sekali dalam membuat Standard Operational Procedure pada perusahaan mereka.

Bagaimana menyusun Standart Operating Procedure yang benar:

  1. Membuat team khusus SOP
  2. Menentukan siapa pengguna SOP yang akan dirumuskan oleh team anda
  3. Menetapkan waktu setiap kegiatan yang tercantum dalam SOP
  4. Menentukan tempat dimana suatu kegiatan dalam SOP itu dilakukan
  5. Uraikan dengan jelas hal-hal yang boleh ataupun yang tidak boleh dilakukan
  6. Melakukan brainstorming dengan team anda
  7. Mensimulasikan isi dari pada SOP anda
  8. Sosialisasikan kepada seluruh pelaksana SOP anda
  9. Implementasikan SOP anda
  10. Amati implementasi dari pada prosedur anda dan perbaiki jika ada kekurangan.

Menyusun Standard Operational Procedure yang tepat sesuai filosofi perusahaan sangat penting dilakukan karena motor penggerak dari perusahaan anda adalah karyawan, dan inilah yang menjadi patokan dan panduan kerja karyawan anda sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas. Dengan berpedoman pada Standard Operational Procedure semua kegiataan yang dilakukan dapat lebih teratur, dan tidak saling tumpang tindih.

Membuat Standard Operational Procedure yang baik setidaknya terdapat tahapan yang telah dan disebutkan dan tercantum pada 10 poin diatas. Cara membuat Standart Operating Procedure yang disebutkan diatas telah umum dipraktikkan dan terbukti cukup berhasil menjalankan bisnis yang di kelola.

Yang paling penting diperhatikan dalam Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar adalah untuk membentuk team Standart Operating Procedure terlebih dahulu. Satu orang akan bertindak sebagai tim dan yang lain akan membantu pembentukan Standard Operational Procedure berdasarkan pada standar yang diinginkan. Proses pembentukan memang butuh waktu dan masing-masing anggota harus memiliki wawasan yang jelas. Sehingga dapat mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang harus dihadapi.

Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published.