Pandemi virus corona yang terjadi beberapa waktu belakangan, membuat aktivitas masyarakat kebanyakan beralih pada sistem daring. Hal ini membuat kebutuhan paket internet semakin meningkat tajam, sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Sebelum memulai bisnis, ketahui terlebih dahulu jenis jenis paket data internet berikut ini.

 

Bisnis Paket Internet Meroket Saat Pandemi, Yuk Kenali Jenis dan Perbedaannya di Sini!

Macam Macam Paket Data Internet

Paket Data Internet Per KB

Paket data internet per KB sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai pilihan paket internet dalam bisnis kuota. Karena jenis ini biasanya akan langsung diterapkan oleh provider ketika pengguna menyalakan koneksi dan berselancar di internet tanpa memiliki paket internet apapun yang tersisa. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu melakukan registrasi ketika menggunakannya.

Jadi, paket data internet per KB ini mengharuskan pengguna untuk membayar sesuai jumlah KB atau ukuran transfer data yang digunakan ketika berselancar di internet. Besarnya biaya per KB sendiri bisa berbeda beda antara satu provider dan provider lain, sehingga jumlah yang harus Anda bayarkan ini tergantung dari provider yang Anda gunakan.

Misalnya provider XL menerapkan tarif retail per KB sejumlah Rp. 0,1. Kemudian Anda menggunakan perangkat untuk browsing dan melihat TikTok selama beberapa menit. Total transfer data yang dilakukan ternyata sekitar 10 MB atau kurang lebih 10.000 KB. Jadi ini berarti tarif yang harus Anda bayarkan adalah 10.000 x 0,1 yaitu Rp. 1.000.

Jumlah tersebut akan terus diakumulasikan, apabila Anda terus menggunakan perangkat untuk menjelajah internet. Yang mana jenis paket data internet ini secara otomatis dipotong dari pulsa yang Anda miliki. Jadi, jika tidak ada pulsa yang tersisa maka akses internet pun akan secara otomatis terputus dengan sendirinya.

Paket Data Internet Kuota

Paket ini merupakan pilihan paling umum yang ditawarkan dalam bisnis paket data. Tentunya paket internet ini lebih murah bila dibandingkan dengan paket data internet per KB yang langsung dipotong dari pulsa pengguna. Sebagai contoh, misal Simpati memberikan paket internet OMG kuota 2 GB dengan harga sekitar Rp. 34.000-an.

Apabila pengguna menggunakan paket data internet per KB dengan tarif Rp. 0,1. Maka untuk mendapatkan total transfer data sebesar 2 GB, setidaknya pengguna harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 200.000. Perbedaan yang sangat signifikan bukan ? Inilah mengapa pengguna harus membeli paket internet dari provider agar dapat mengakses internet dengan murah.

Jenis paket data internet berbasis kuota sendiri memiliki banyak tipe. Masing masing provider pun menawarkan harga yang beragam, dan tidak jarang menyertakan bonus seperti bonus SMS hingga bonus telepon. Sehingga pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan sehari hari.

Paket Internet Unlimited Kuota

Meski namanya paket unlimited, namun bukan berarti pengguna tidak perlu mengisi ulang kuota per bulannya. Pasalnya, tidak jarang ditemukan segelintir orang yang salah mengartikan jenis paket internet satu ini dalam melakukan bisnis. Jadi, arti paket internet unlimited kuota ini adalah pengguna mendapatkan kuota yang terakumulasi pada bulan berikutnya.

Misalnya, paket unlimited kuota yang dibeli di bulan Juli sebesar 20 GB. Kuota ini kemudian habis Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Dengan adanya paket unlimited kuota, maka bulan berikutnya Anda akan mendapatkan kembali kuota sebesar 20 GB tersebut. Biasanya ada juga yang menggunakan sistem rollover dalam penerapan paket internet unlimited kuota seperti ini.

Sistem rollover memungkinkan sisa paket data pengguna yang belum habis di bulan ini, dapat diakumulasikan untuk penggunaan di bulan selanjutnya. Alhasil, penggunaan jenis paket internet satu ini pun tidak akan berdampak kerugian pada pengguna. Maka dari itu, paket unlimited tidak bisa diartikan sebagai kuota yang tidak terbatas.

Paket Internet Unlimited Batasan Speed

Paket internet selanjutnya dalam bisnis kuota ialah unlimited dengan batasan speed. Lain halnya dengan jenis paket data internet unlimited kuota, paket unlimited dengan batasan speed sejatinya memungkinkan pengguna untuk mendapat kuota internet yang unlimited atau tidak terbatas. Namun sesuai dengan namanya, penggunaan dari paket ini memiliki batasan speed atau kecepatan.

Lazimnya, jenis paket ini menggunakan masa aktif sebagai batasan, yang mana masa aktif paling banyak diterapkan oleh masing masing provider yaitu selama 1 bulan. Tentunya pengguna juga tidak perlu khawatir saat memilih menggunakan jenis paket internet satu ini. Karena di bulan berikutnya tetap bisa mengisi ulang paket secara otomatis, serta mengatur ulang masa aktifnya.

Paket Internet Berbasis Waktu

Untuk paket internet berbasis waktu atau time based, saat ini sudah hampir tidak ada penyedia layanan internet yang menawarkannya. Jika dulu masyarakat bisa menemukan sistem ini pada Telkomsel Flash, namun saat ini para provider sudah banyak yang meninggalkan sistem berbasis waktu tersebut.

Penggunaan paket time based sendiri tidak menerapkan sistem unlimited atau kuota, melainkan bisa dikombinasikan pada keduanya atau juga dengan sistem FUP. Jadi, pengguna hanya bisa menggunakan internet selama durasi waktu tertentu. Dimana lama durasi ini lazimnya hanya beberapa jam saja, dan disertai pula dengan pemberian masa aktif.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat implementasinya pada layanan WiFi.id milik Telkom. Dengan tarif tertentu, pengguna bisa mengakses internet selama 24 jam di beberapa spot tertentu yang memiliki akses point WiFi.id. Inilah salah satu layanan yang masih menggunakan sistem berbasis waktu tersebut. Sementara provider kartu prabayar relatif sudah banyak meninggalkannya.

Paket Data Internet FUP

Jenis paket data internet berikutnya yaitu berbasis FUP atau fair usage policy. Apakah Anda kurang familiar dengan jenis paket internet satu ini ? Tidak perlu khawatir, FUP pada dasarnya bisa diartikan sebagai penggunaan kuota internet yang wajar. Jadi dalam hal ini, provider akan menentukan batas penggunaan wajar untuk jumlah tertentu.

Sehingga apabila pengguna sudah mencapai akumulasi jumlah tertentu yang telah ditentukan oleh penyedia layanan, maka speed bandwith atau kecepatan data transfernya akan otomatis diturunkan. Perhitungan FUP ini akan diatur ulang setiap awal bulan, jadi tidak heran jika setiap awal bulan internet akan terasa lebih kencang jika menggunakan sistem ini. Paket ini sering ditawarkan oleh bisnis yang kebanyakan pelanggannya tidak ingin menghabiskan waktu berkali-kali untuk membeli paket data atau kuota.

Paket Unlimited Situs Tertentu

Untuk pengguna yang setia mengakses situs atau platform tertentu setiap harinya, contohnya salah satu media sosial seperti TikTok. Maka paket internet unlimited satu ini akan menjadi pilihan yang tepat. Karena dengan mengandalkan jenis paket data internet ini, maka pengguna akan terbebas dari batasan speed maupun kuota.

Mengingat bahwa penggunaan media sosial seperti TikTok yang terus menerus setiap hari, tentu dapat menyedot kuota internet Anda dan membuatnya lebih cepat habis. Oleh sebab itu, provider menawarkan paket unlimited untuk situs tertentu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini tentu akan jauh lebih hemat dari kacamata bisnis, jika Anda memang memiliki kecenderungan menggunakan satu platform tertentu.

Ternyata ada banyak sekali jenis paket internet yang tersedia. Dengan mengetahuinya Anda bisa merekomendasikan paket internet terbaik untuk customer, ketika terjun ke bisnis berjualan paket internet. Dalam hal ini, menjadi agen KHTRX Pulsa Center bisa membantu Anda mendapatkan layanan terbaik saat menjalankan bisnis. Membuat bisnis jadi berjalan aman dan nyaman.

Bisnis Paket Internet Meroket, Kenali Jenis dan Perbedaannya di Sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.