Salah satu hal yang kerap dipertimbangkan sebelum memulai berbisnis adalah tempat untuk berbisnis. Saat ini jika hanya mengandalkan event tertentu misalnya saat car free day, tidak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika harus menyewa tempat, butuh modal yang cukup besar untuk menyewanya, ataupun bisa menggunakan cara online. Namun demikian, untuk beberapa produk yang tidak bisa tahan lama seperti makanan cepat saji, menjual dengan cara online tidak efektif. Mengapa? Karena yang kemudian beralih ke model Peluang Bisnis Food Truck.

Bisnis Food Truck? Pertimbangkan Dulu +-nya!

Boleh dibilang, sistem Food Truck ini merupakan metode jemput bola,

sehingga konsumen akan lebih mudah mendapatkan makanan yang diinginkan. Di Amerika sudah banyak penjual yang menggunakannya dan di Indonesia lambat laun cara penjualan makanan ini banyak dipilih dan diminati. Akan tetapi, sebelum Anda mencoba food truck, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu keunggulan dan kelemahan bisnis food truck.

Keunggulan yang pertama adalah fasilitas listrik yang gratis.

Selain Anda tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan, Anda dapat mengandalkan listrik dari aki mobil Anda. Dengan cara tersebut, Anda bisa menggunakan lampu tambahan ataupun menggelar layar tancap untuk menarik perhatian dari pembeli Anda. Kedua adalah tidak butuh ruang yang luas. Biasanya, Anda hanya perlu menyediakan beberapa kursi yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk saat menunggu antrian. Namun untuk tempat makan, konsumen umumnya lebih memilih untuk take away makanan yang dibeli tersebut. Dengan demikian Anda dapat menyesuaikan kebutuhan ruang Anda perlukan berdasarkan pada kebutuhan Anda sendiri.

Keuntungan atau keunggulan lainnya dari food truck adalah :

  • Fleksibel karena dengan menggunakan kendaraan tersebut, Anda bisa berpindah kemana saja sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Hemat waktu. Tak hanya memudahkan dalam hal mobilitas, Anda juga dapat lebih menghemat waktu untuk menata barang ataupun merapikannya kembali setelah selesai.
  • Menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
  • Anda tidak perlu banyak karyawan. Anda dapat memulai dengan 2 hingga 3 pekerja karena keterbatasan ruang dan tidak perlu mengantarkan makanan atau minuman yang dipesan. Hal ini memungkinkan perolehan keuntungan yang lebih besar.

Akan tetapi, food truck juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah :

  • Butuh modal yang cukup besar untuk melakukan modifikasi kendaraan sehingga mobil bisa dipergunakan untuk berjualan.
  • Resiko keamanan, misalnya karena Anda harus memasak di kendaraan Anda. Jika salah dalam penataan dan pertimbangannya, bisa sangat membahayakan tidak hanya diri sendiri namun juga orang lain.
  • Tempat yang sempit karena luas kabin dalam kendaraan yang terbatas sehingga harus pintar-pintar menata peralatan dan perlengkapan di dalam kabin.
  • Masalah kebersihan yang jika tidak diperhatikan akan mempengaruhi komponen lain dan bau tidak sedap pada kendaraan sehingga kurang menarik.

Demikianlah tadi sekelumit pembahasan kita seputar Peluang Bisnis Food Truck.  Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Bisnis Food Truck? Pertimbangkan Dulu +-nya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.