4 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Konsistensi Bisnis di Era Digital

Salah satu yang menyebabkan bisnis tidak bisa berkembang adalah tidak mengantisipasi adanya transisi dari era konvensional ke era digital. Di era digital Anda tidak perlu memerlukan tempat untuk berjualan karena Anda bisa langsung berjualan lewat marketplace. Untuk Menjaga Konsistensi Bisnis di Era Digital, terdapat 4 hal yang harus tetap Anda perhatikan.

Media sosial

Pertama adalah media sosial. Media sosial tidak bisa diremehkan karena sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Social media tidak hanya dipergunakan untuk marketing, namun juga sebagai media yang menjembatani antara penjual dan pembeli agar tetap berkomunikasi. Komunikasi antar penjual dan pembeli tersebut bisa mempengaruhi keinginan apakah pembeli tersebut hendak membeli barang yang dijual di tempat tersebut. Media sosial juga digunakan untuk memperkenalkan produk baru sehingga konsumen tahu produk mana yang akan di launching dan bisa dibeli.

Kreativitas

Cara lainnya untuk menjaga konsistensi bisnis adalah kreativitas. Jika hanya mengandalkan strategi dan barang lama tanpa adanya perubahan akan susah untuk mendapatkan hati konsumen. Hal tersebut disebabkan persaingan di dunia bisnis semakin susah terutama saat ini banyak yang ingin menjadi wirausahawan sehingga mau tidak mau Anda harus tetap memiliki kreativitas dan inovasi. Agar konsumen tidak berpindah tempat, Anda bisa memberikan ciri khusus, sehingga produk tersebut hanya bisa diperoleh di tempat Anda. Kreativitas bisa juga dipengaruhi oleh selera pasar sehingga mau tidak mau Anda harus tahu apa yang sedang trend saat itu.

Estetika

Dalam menjaga konsistensi bisnis kita juga harus memperhatikan estetika. Saat ini di era modern setidaknya produk atau tempat yang Anda jadikan bisnis harus memiliki keindahan tersendiri. Hal ini disebabkan karena tempat yang bagus misalnya untuk tempat makan, bisa diupload ke media sosial dan hal tersebut bisa dijadikan strategi marketing tanpa Anda harus mengeluarkan biaya untuk melakukan iklan. Selain tempat makan, produk lainnya, misalnya baju, juga memiliki konten visual yang bisa dijadikan daya tarik agar konsumen mau membeli. Sedangkan jika Anda memiliki web, pastikan design web tersebut terlihat menarik sehingga enak dilihat.

Melek teknologi dan perkembangan jaman

Keempat adalah melek teknologi dan perkembangan jaman. Hal ini disebabkan karena trend dan teknologi berkembang dengan pesat. Teknologi tersebut bisa saja tools, teknik seo, bahasa pemrograman yang bisa digunakan di media sosial ataupun di marketplace.

Itulah 4 hal yang bisa membantu menjaga konsistensi bisnis di era digital agar bisnis tetap berkembang. Nantikan kiat-kiat lain di postingan berikutnya.

4 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Konsistensi Bisnis di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published.